Pelaku Industri Audio Optimistis Penjualan Semester II/2019 Bakal Moncer

PT Inti Megah Swara (IMS) selaku distributor resmi produk-produk audio buatan Harman Professional Solution optimistis bisnisnya akan bertumbuh di semester II/2019, meskipun dominasi IMS terhadap pasar Tanah Air dinilai menyulitkan perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasarnya.

Pelaku Industri Audio Optimistis Penjualan Semester II/2019 Bakal Moncer

Bisnis.com, JAKARTA — PT Inti Megah Swara (IMS) selaku distributor resmi produk-produk audio buatan Harman Professional Solution optimistis bisnisnya akan bertumbuh di semester II/2019, meskipun dominasi IMS terhadap pasar Tanah Air dinilai menyulitkan perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasarnya.

Direktur Penjualan PT Inti Megah Swara, James Eric Pribadi mengatakan, untuk meningkatkan pangsa pasar, perusahaan akan melakukan berbagai strategi khusus, seperti menghadirkan produk-produk baru dan cocok dengan kebutuhan pasar, serta menambah jumlah kanal penjualan untuk memudahkan konsumen dalam menemukan produk.

Pangsa pasar untuk produk kategori pengeras suara (speaker) Harman Professional Solution yang didistribusikan oleh IMS melebihi 70%, dan untuk produk jenis earphones sekitar 20%—30%.

Namun, secara keseluruhan pangsa pasar produk-produk audio yang didistribusikan IMS secara konsisten berada di angka 50% sejak 2018 sampai dengan semester pertama 2019.

IMS—yang hampir 2 dekade mengoperasikan toko merek JBL—menjual serta mendistribusikan merek Harman lifestyle, juga akan memperluas portofolio dengan memasukkan ritel, instalasi, turing, wisata Harman Professional, serta paket produk audio Performing Arts sebagai sektor penjualan terbarunya.

Saat ini, pendistribusian produk-produk audio Harman sudah merambah ke kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sebagai langkah perusahaan untuk mengenalkan produk-produk yang didistribusikan, kanal-kanal penjual untuk produk merk JBL pun sudah hadir di Manado dan Makassar.

Saat ini, pendistribusian produk-produk audio Harman Professional Solution oleh IMS baru merambah kota-kota besar, terutama Jakarta dan Surabaya.

James menambahkan perusahaan akan mengombinasikan produk-produknya guna menjangkau lebih banyak konsumen dan menambah jumlah tim di sektor penjualan (marketing). Produk-produk tersebut, akan lebih banyak disalurkan ke hotel, kafe, dan tempat-tempat ibadah. 

VP Harman Professional Solution APAC, Mr. Ramesh Jayaraman melihat terdapat beberapa peluang yang dimiliki pasar untuk penjualan di pasar Indonesia.

Pertama, dominasi pasar yang dimiliki IMS memungkinkan perusahaan tersebut untuk menyalurkan seluruh produknya, mulai dari headphone, microphone, drum kits, hingga amplifier.

Kedua, besarnya jumlah penduduk Indonesia di mana sebagian besarnya memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap produk-produk audio.

Ketiga, pertumbuhan ekonomi yang dialami Indonesia belakangan ini dinilai menjadi momen yang tepat bagi perusahaan untuk mengakselerasi bisnis di Indonesia.

Dengan potensi pertumbuhan yang kuat untuk solusi audio profesional di Indonesia, Solusi Harman Profesional akan memanfaatkan kekuatan merek perusahaan, kemampuan distribusi, serta dominasi IMS Indonesia yang kuat dalam memberikan solusi teknologi yang inovatif kepada pelanggan di Indonesia.

Dukungan, garansi, dan perbaikan produk Harman Professional di Indonesia akan segera beralih ke IMS Indonesia, di mana ketentuan garansi dan penyertaan tidak akan terpengaruh oleh peralihan tersebut.

Sementara itu, semua kemitraan Harman lainnya yang melayani pasar Indonesia untuk siaran, bioskop, video dan kontrol AMX, dan tata cahaya Martin tetap tidak berubah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
audio