Akuisisi Sky, Ini Syarat CMA untuk Disney

Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (Competition and Market Authority/CMA) mengumumkan Walt Disney harus membeli seluruh saham Sky Plc, induk usaha Sky News.

Akuisisi Sky, Ini Syarat CMA untuk Disney

Kabar24.com, JAKARTA - Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (Competition and Market Authority/CMA) mengumumkan Walt Disney harus membeli seluruh saham Sky Plc, induk usaha Sky News.

Pembelian tersebut termasuk 39% saham 21st Century Fox di dalam perusahaan TV berbayar di Britania Raya tersebut, sehingga membuat Disney menguasai 100% saham Sky News.

CMA menyatakan bahwa Disney harus menyesuaikan penawaran saham untuk Sky senilai 10,75 pound sterling per lembar saham seperti yang sebelumnya disetujui oleh pemilik Fox, Rupert Murdoch.

Adapun 17 bulan yang lalu, Murdoch telah setuju untuk membeli seluruh penawaran Sky tetapi masih menunggu lampu hijau dari CMA.

“Ini merupakan berita bagus. Disney harus menyetujui penawaran 10,75 pound sterling per saham itu,” ujat Crispin Odey, pendiri Odey Asset Management, perusahaan manajemen dana lindung yang memiliki saham 0,8% di Sky, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (12/4/2018).

Dalam kesempatan terpisah, Disney menyatakan siap membeli aset Fox, termasuk sahamnya di Sky yang masih menunggu kejelasan regulasi.

Meskipun demikian, di dalam pernyataannya, Disney merasa keberatan untuk membeli penawaran seluruh saham Sky sesuai dengan nilai penawaran Fox.

Analis menilai, Disney ingin mendapatkan dispensasi agar lebih fleksibel mengenai waktu dan kondisi penawaran saham Sky jika mereka membeli 39% saham yang telah dimiliki Fox,

Di sisi lain, CMA menambahkan, penyelesaian permasalahan akuisisi Sky mungkin dapat dipertimbangkan sebagai bantuan untuk memuluskan keinginan Disney untuk mengambil kendali Fox. Oleh karena itu, Disney harus membuat penawaran dalam 28 hari untuk membeli seluruh aset Fox.

CMA menyatakan tidak akan diam saja jika Fox mengambil alih 100% saham Sky ketika Disney membeli aset Fox maupun ketika Comcast Corp atau perusahaan lainnya berhasil mendapatkan lebih dari 50% saham Sky.

Perusahaan TV kabel asal AS, Comcast, mengumumkan pada 27 Februari 2018 bahwa mereka juga berencana melakukan penawaran atas Sky.

Sementara itu, Sky memberitahukan dalam pernyataannya bahwa mereka tidak akan mengambil langkah lebih jauh untuk saat ini.

Adapun, penawaran Comcast untuk Sky lebih tinggi sebesar 12,5 pound stereling per lembar saham daripada yang ditawarkan oleh Fox, 10,75 pound sterling.

Badan pemerhati persaingan Inggris itu pun memperkirakan baru dapat memberikan putusan terhadap penawaran Fox terhadap Sky pada 1 Mei 2018.

Selanjutnya CMA akan menyerahkan keputusan finalnya ke Menteri Kebudayaan Matt Hancock pada pertengahan Juni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
disney